Cara Membedakan Verb -ing Gerund dengan Verb -ing Adjective

Saat kita menggunakan kalimat dalam bentuk Continuous atau Progressive yang bermakna bahwa aktivitas tersebut sedang dilakukan, kita tidak harus mencari kata "sedang" dalam kamus untuk menambahakan makna bahwa pekerjaan tersebut sedang dilakukan, karena dalam Bahasa Inggris penggunaan akhiran  -ing setelah Verb (kata kerja) bermakna sedang.


Contoh:

I am writing an article.
(Aku sedang menulis sebuah artikel)

Kata "writing" dalam contoh kalimat di atas berasal dari kata "Write" + ing yang bermakna sedang menulis.
Bentuk Verb -ing seperti contoh di atas merupakan bagian dari bentuk Continuous tense itu sendiri dan juga sekaligus sebagai Gerund.

Artikel terkait:




DBI | Gerund vs Adjective



Akan tetapi tidak semua Verb (kata kerja) yang ditambahkan akhiran -ing akan otomatis menjadi Gerund, karena ada beberapa Verb (kata kerja) yang apabila ditambahkan akhiran -ing berubah menjadi Adjective (kata sifat).

Postingan ini bertujuan untuk membedakan Verb (kata kerja) yang berubah menjadi bentuk Gerund / bentuk Adjective setelah ditambahkan akhiran -ing.

Kata kerja (Verb) yang apabila ditambahkan akhiran -ing menjadi Gerund adalah jenis kata kerja aktif / Action Verb.
Action Verb sendiri adalah kata kerja yang bermakna sebuah aktivitas atau pekerjaan yang nampak secara fisik.

Contoh:

Swim (Berenang)

I love swimming in the river.
(Aku suka berenang di sungai)

I am swimming in the river.
(Aku sedang berenang di sungai)


Drive (Mengemudi)

Driving car is not easy.
(Mengemudi mobil tidak mudah)

My father is driving his car to the office.
(Ayahku sedang mengemudi mobilnya menuju ke kantor)


Play (Bermain)

Playing piano makes me relax.
(Bermain piano membuatku rileks)

I am playing piano this moment.
(Aku sedang bermain piano saat ini)


Dari ketiga contoh kata kerja di atas; Swim, Drive, Play semuanya digunakan dalam bentuk Verb -ing. Baik dalam bentuk Continuous Tense ataupun Present Tense, tetapi apapun bentuk tenses yang digunakan kita dapat mengetahui Verb -ing dalam contoh kalimat di atas juga berfungsi sebagai Gerund karena kata kerja tersebut merupakan Action Verb yang ditambah akhiran -ing.

Penjelasan dari contoh kalimat diatas adalah sebagai berikut:

Misal kita bahas salah satunya, kita ambil contoh kalimat yang pertama.
kalimat "I love swimming in the river." 
kata "swimming" dari kalimat tersebut dapat dengan mudah kita pahami bahwa kata tersebut merupakan gerund, karena posisnya berada di object kalimat, dan setiap kata yang ditempatkan di posisi object harus kata benda (noun). Sehingga kata swim harus ditambahkan akhiran -ing supaya menjadi seolah-olah kata benda atau istilah lainnya adalah gerund.

Beda halnya dengan contoh kalimat yang kedua "I am swimming in the river."
Berberapa dari kita mungkin berfikir kata "swimming" dari kalimat tersebut merupakan bentuk Verb-ing dari tenses yang digunakan yaitu Present Contiunous Tense. Tapi selain sebagai Verb-ing Continuous Tense, verb-ing tersebut juga berperan sebagai gerund.

Mengapa demikian? Karena apabila kita bagi bagian-bagian dari kalimat tersebut maka bagiannya akan menjadi:

I = Subject
am = Predicate
swimming = Object

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu fungsi gerund adalah sebagai object dari kalimat, dan kata "swimming" pada contoh kalimat di atas juga berada pada posisi object.

Jadi apabila kita mengatakan kata "swimming" pada contoh kedua di atas merupakan Verb-ing dari bentuk Continuous Tense itu adalah benar.
Dan apabila kita juga mengatakan bahwa kata "swimming" tersebut juga merupakan sebagai gerund, maka itu juga benar kalau kita mengacu pada aturan elemen kalimat Subject + Predicate + Object.

Artike terkait: Sentence Elements

Kesimpulannya adalah Action Verb / Kata kerja aktif apabila ditambahkan akhiran -ing maka kata kerja tersebut dapat berfungsi sebagai Gerund.



Sedangkan Verb (kata kerja) yang apabila ditambahkan akhiran -ing menjadi Adjective (kata sifat) adalah jenis kata kerja statif / Stative Verb.
Stative Verb adalah kata kerja yang memiliki makna yang menunjukan kondisi atau keadaan daripada sebuah tindakan.

Contoh:

Promise, see, think, understand, wish, sound, look, love, adore, deserve, doubt, know, lack, hear, concern, surprise, mean, owe, own, satisfy, smell, etc.

Contoh dalam bentuk kalimat:

Promise (Berjanji)

I promise my mom to take care of my little brother.
(Aku berjanji pada ibuku untuk menjaga adikku)

Online business seems promising.
(Bisnis oline terlihat menjanjikan)

Kata promise pada kalimat pertama merupakan bentuk kata kerja / Verb, sedangkan kata "promising" dari contoh kalimat tersebut merupakan Adjective.

Meskipun asal kata "promising" adalah "promise", dan promise sendiri adalah kata kerja, tapi setelah ditambahkan akhiran -ing, kata kerja tersebut tidak menjadi gerund sekalipun ditempatkan di posisi object.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa apabila kata kerja statif / Stative Verb ditambahkan akhiran -ing maka fungsinya menjadi Adjective / kata sifat.


Perhatikan contoh kalimat lainnya:

Sruprise (Mengejutkan)

Darren surprises his sister with an expensive birthday gift.
(Darren mengejutkan adik perempuannya dengan sebuah hadiah ulang tahun mahal)

The news was surprising.
(Beritanya dulu mengejutkan)


Satisfy (Puas)

They satisfied me with their epic performance.
(Mereka memuaskan ku dengan penampilan mereka yang menakjubkan)

Their performance was satisfying.
(Penampilan mereka memuaskan)


Sama halnya seperti contoh sebelumnya, kedua contoh di atas juga menunjukan kata "surprise" dan "satisfy" yang tadinya kata kerja (verb) berubah menjadi kata sifat (adjective) setelah ditambahkan akhiran -ing meskipun kata "surprising" dan "satisfying" ditempatkan pada posisi object.



Dari penjelasan singkat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa kata kerja aktif / Action verb apabila ditambahkan akhiran -ing, maka kata kerja tersebut menjadi Gerund.
Sedangkan apabila kata kerja statif / Stative verb ditambahkan akhiran -ing, maka kata kerja tersebut menjadi Adjective.


Artikel terkait: Jenis-jenis Verb


Sekian penjelasan tentang perbedaan Verb -ing Gerund dengan Verb -ing Adjective, mohon maaf atas segala kekurangan.

Semoga bermanfaat dan dapat dipahami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »