Faktor yang Membuat Vocabulary Sulit Dipelajari

Faktor yang Membuat Vocabulary Sulit Dipelajari


Selanjutnya setelah kita mengetahui pentingnya vocabulary dalam keberhasilan komunikasi kita, kita juga harus tahu faktor yang menjadi penghambat dalam penguasaan vocabulary.


Pada dasarnya mempelajari dan mengajarkan vocabulary adalah hal yang membutuhkan banyak waktu dan energy. Hal tersebut menjadi tantangan yang besar dalam mempelajari sebuah bahasa.


Beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam menguasai vocabulary adalah:

Faktor yang membuat vocabulary sulit dipelajari

1. Malas

Malas adalah musuh kita bersama. Rasa malas tidak hanya menghambat dalam belajar, malas menghambat dalam semua hal termasuk mempelajari vocabulary.

Meskipun kita telah mengetahui pentingnya vocabulary dalam keberhasilan komunikasi kita, kadang kita masih tetap saja malas dalam mempelajari dan menambah pembendaharaan vocabulary kita.

Selain pembelajaran vocabulary sangat luas karena jumlah vocabulary memang sangat banyak, kata baru juga terus bermunculan, istilah-istilah baru yang memiliki makna baru terus bermunculan.

Sebagai contoh mungkin 20 tahun kebelakang kita belum familiar dengan istilah selfie, atau selfie stick. Tapi sekarang istilah tersebut sudah sering kita dengar dan memiliki maknanya sendiri meskipun mungkin belum di entirkan kedalam kamus.

Jadi, apabila kita malas menambah dan mempelajari vocabulary sudah dipastikan kemampuan bahasa Inggris kita tidak akan berkembang.


2. Sulit diucapkan

Faktor yang membuat vocabulary sulit dipelajari selanjutnya adalah sulit diucapkan.
Kata-Kata yang sulit diucapkan biasanya sulit juga untuk diingat, hal ini membuat kata tersebut tidak bertahan lama dalam ingatan kita.


3. Sulit dieja

Karakterisitik bahasa Inggris sangat berbeda dengan bahasa Indonesia.
Dalam bahasa Indonesia, kata yang ditulis diucpakan sama persis sebagaimana kata tersebut tertulis. Tapi dalam bahasa Inggris cara penulisan dan pengucapan sebuah kata sangat berbeda.
Komposisi huruf yang terdapat dalam sebuah kata biasanya tidak sama persis sebagaimana kata itu sendiri diucapkan.
Hal tersebut kadang membingungkan dan membuat kosa kata bahasa Inggris sulit untuk dipelajari.


4. Tidak pernah digunakan

Saat kita telah mengetahui dan mengingat sebuah kata, hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk membuat kata tersebut tetap kita ingat adalah dengan menggunakannya.
Mencoba membuat kalimat yang mengandung kata tersebut akan membuat kita mengenali dan memahami betul bagaimana kata tersebut harus digunakan.
Dan sebaliknya, saat kita tidak pernah menggunakan kata tersebut, maka seiring waktu kata tersebut pun akan hilang dari ingatan kita.


5. Tidak mau membuka kamus

Faktor ini berkaitan dengan no 1.
Perlu diingat bahwa kita tidak hidup di lingkungan di mana bahasa Inggris digunakan dalam percakapn sehari-hari. Kita tidak mendengar dan mengulangi kata-kata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sejak kita bayi sampai sekarang. Satu-satunya cara kita mendapatkan kata baru adalah dengan membuka kamus. Jadi saat kita malas untuk membuka kamus, kita tidak akan pernah mendapatkan kosa kata apapun.


6. Tidak konsisten dalam mempelajari vocabulary

Kadang dalam mempelajari sesuatu kita bersemangat dan antusias di awal, tapi kemudian loyo dan berhenti ditengah-tengah proses.

Dalam mempelajari vocabulary kita tidak perlu terlalu ambisius dengan mempelajari banyak kosa kata di awal tapi kemudian usaha tersebut tidak berlangsung lama.
Konsistensi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mempelajari dan menambah vocabulary.


Kita dapat mempelajari vocabulary dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dalam sehari, misal satu hari satu kata, atau maksimal lima kata perhari tapi hal tersebut berlangung lama dan konsisten.
Hal tersebut jauh lebih baik daripada kita mempelajari banyak kosa kata sekaligus di awal tapi tidak konsisten.


7. Mendahulukan vocabulary sehari-hari

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kata yang sulit diucapkan dan dieja akan membuat kata tersebut juga sulit untuk dipelajari dan diingat. Kemudian seperti yang telah disebutkan juga bahwa kosa kata yang tidak pernah digunakan akan hilang dari ingatakn kita sehingga kata tersebut tidak berfungsi dan tidak membantu dalam komunikasi kita. 

Untuk menghindari semua hal tersebut maka sebaiknya kita mempelajari kosa kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari terlebih dahulu. Selain lebih mudah dieja dan diucapkan, kosa kata sehari-hari juga akan lebih sering digunakan sehingga akan selalu diingat dan lebih membantu dalam berkomunikasi.


Semua faktor-faktor yang menjadi penghambat di atas, sebaiknya tidak membuat kita menjadi semakin malas dalam mempelajari vocabulary.
Sebaliknya, dengan mengetahui faktor-faktor tersebut diharapkan dapat membantu kita mengatasi dan memperbaiki cara belajar kita.

Jangan jadikan faktor-faktor diatas benar-benar menjadi penghalang kita dalam meraih tujuan yang ingin kita capai.

Terus berusaha dan jangan gampang menyerah. Seperti apapun hasil yang didapat selama kita telah mencoba dan melakukan yang terbaik, itu adalah cara terbaik untuk menjalani hidup ini.

Artikel terkait:



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »