Mengapa Vocabulary (Kosa kata) Penting?

Mengapa Vocabulary (Kosa kata) Penting?


Semua orang pasti setuju bahwa mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah.
Banyak hal yang menjadi tantangan dalam mempelajari bahasa asing itu sendiri. Baik yang berasal dari dalam diri sendiri seperti rasa malas dan hilangnya konsistensi dalam belajar. Ataupun faktor dari luar seperti banyaknya berbagai macam 
materi yang harus dipelajari sebelum kita benar-benar menguasai bahasa tersebut.


Salah satu faktor yang dianggap menjadi sebuah tantangan sekaligus faktor penting dalam mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Inggris adalah menguasai vocabulary (kosa kata).

Vocabulary (kosa kata) adalah unit terkecil dari sebuah bahasa.
Kalimat yang kita ungkapkan kepada orang lain untuk menyampaikan perasaan, pikiran atau kebutuhan kita pada intinya adalah serangkaian kata-kata yang disusun yang memiliki sebuah makna.

Akan sulit jadinya kalau kita tidak memiliki pembendaharaan kosa kata yang cukup. Kita tidak akan mampu menyampaikan perasaan, pikiran atau kebutuhan kita kepada orang lain.
Dari sini kita sudah tahu bahwa menguasai kosa kata merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan mempelajari bahasa asing.

Tapi pada kenyataannya banyak orang yang tidak terlalu menganggap bahwa menguasai dan mempelajari vocabulary adalah hal yang penting. Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari Grammar atau tata bahasa jauh lebih penting daripada sekedar mempelajari kosa kata.

Mengapa Vocabulary (Kosa kata) Penting?


Mempelajari grammar dan vocabulary keduanya merupakan hal yang sama pentingnya. Akan tetapi apabila kita memiliki prioritas serta urutan dalam mempelajari berbagai materi dalam bahasa Inggris, maka mempelajari vocabulary adalah hal yang sebaiknya kita dahulukan.

Mengapa demikian?

Jawabannya sederhana, kita tidak dapat mengungkapkan perasaan, pikiran atau kebutuhan kita dengan grammar. Karena grammar hanyalah sebuah aturan untuk mengatur susunan kata dalam sebuah kalimat.

Sebagai contoh anggaplah kita telah menguasai 16 tenses dalam bahasa Inggris tapi kita tidak memiliki vocabulary, kita mungkin tahu seperti apa kita harus menyusun sebuah kalimat yang benar, tapi mungkinkah kita dapat menyampaikan perasaan, pikiran atau kebutuhan kita hanya dengan serangkaian aturan tersebut?

Jawabannya kita tidak akan dapat menyampaikan apapun hanya dengan mengandalkan grammar.

Sebaliknya, mungkin kita tidak begitu menguasai grammar tapi kita memiliki pembendaharaan kosa kata yang baik, kita pasti dapat menyampaikan perasaan, pikiran atau kebutuhan dengan kata-kata tersebut meskipun mungkin kalimat yang disusun sedikit rancu karena kita belum menguasai grammar. Tapi intinya adalah menguasai vocabulary akan lebih membantu kita dalam berkomunikasi.

Analogi sederhananya adalah semakin banyak uang yang kita miliki semakin banyak barang yang kita bisa beli. Begitupun dalam berkomunikasi, semakin banyak vocabulary (kosa kata) yang kita kuasai, maka semakin banyak pula hal yang dapat kita sampaikan. Tidak memiliki vocabulary, maka tidak ada hal yang dapat kita sampaikan.

Penjelasan di atas tidak dimaksudkan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara grammar atau vocabulary. Karena keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bahasa. 

Hal yang menjadi point penting dalam penjelasan di atas adalah bahwa sebaiknya kita mendahulukan pembelajaran vocabluary sebelum grammar. Selain akan membantu dalam komunikasi, mempelajari vocabulary terlebih dahulu merupakan urutan belajar bahasa yang paling natural seperti halnya seorang bayi yang pertama kali belajar bahasa.

Bukankah semua bayi belajar dahulu kosa kata dengan mengulangi apa yang disampaikan orang disekitarnya?
Dan hasilnya pun sangat jelas, semua bayi yang melewati proses tersebut dapat berkomunikasi dengan baik setelah mereka dewasa.

Jadi mulai sekarang, kita tidak boleh lagi menganggap pembelajaran vocabulary sebagai sesuatu yang kurang penting.
Kita tidak boleh menganggap bahwa pembelajaran vocabulary hanya untuk siswa SD. Pembelajaran vocabulary berlaku untuk semua pembelajar bahasa Inggris pada semua tingkatan.
Kita harus terus menambah pembendaharaan vocabulary yang kita miliki mengingat begitu pentingnya vocabulary terhadap keberhasilan komunikasi kita.

Baca juga:




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »