Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Application Letter: Fungsi, Bagian-bagian dan Contohnya

Masa indah SMA atau SMK akan segera berakhir dalam beberapa bulan lagi.
Kita sudah harus mempersiapkan untuk langkah selanjutnya, mungkin untuk sebagian ada yang sudah berencana untuk melanjutkan kuliah, dan sebagiannya lagi mungkin ingin mencari pekerjaan.


Mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah zaman sekarang. Banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan sebelum kita berhasil mendapatkan sebuah pekerjaan.

Kita harus siap berkompetisi dengan ribuan atau bahkan jutaan pelamar kerja lainnya sehingga kita harus memiliki mental kuat pantang menyerah, memiliki semangat dan antusias yang besar untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Selain faktor-faktor tersebut, kita juga harus mempersiapkan salah satu faktor penting untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yaitu surat lamaran pekerjaan.


Materi Application Letter: Fungsi, Bagian-bagian dan Contohnya



Apa itu surat lamaran pekerjaan?

Application letter atau surat lamaran pekerjaan adalah sebuah formulir atau surat yang menunjukan ketertarikan dan keinginan kita terhadap sebuah posisi atau pekerjaan di sebuah perusahaan.

Surat lamaran pekerjaan biasanya berisi identitas diri seperti nama, alamat dan nomor telepon termasuk juga pengalaman kerja.



Apa fungsi surat lamaran pekerjaan?

Fungsi utama dari application letter atau surat lamara pekerjaan adalah untuk penilaian awal apakah pelamar cocok untuk posisi yang dibutuhkan dan sekaligus bukti tertulis bahwa kita melamar pekerjaan tersebut.

Lamaran pekerjaan juga berfungsi sebagai bentuk komunikasi antara pelamar dengan perusahaan yang berisi tentang informasi pelamar, qualifikasi yang dimiliki serta informasi lainnya terkait dengan pekerjaan yang dilamar.



Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan

Berikut bagian-bagian dari sebuah surat lamaran pekerjaan (application letter) sekaligus penjelasan singkat apa yang sebaiknya kita tulis pada tiap-tiap bagian tersebut.


Cover letter header:


Your Name
City, State | Contact Number | Email

Receiver's Name, Title
Company Name
Address


Date line:

Date line adalah tanggal ditulisnya surat, atau mungkin kita lebih mengenalnya sebagai titimangsa.
Untuk penggunaan date line sendiri ada beberapa pendapat.

Ada yang menggunakan date line dan dijadikan bagian dari cover letter header, dan untuk penempatannya sendiri ada yang di atas cover letter header, dan ada yang di bawah cover letter header.

Kemudian ada versi lain dari penulisan date line yaitu yang menuliskannya sebagai bagian terpisah dari cover letter header, dan ada yang tidak menggunakan date line sama sekali.


Greeting:

Kita dapat menggunakan salam seperti Dear.
Contoh: Dear Mrs. Johnson, Dear Mr. Smith, dsb.
Kita sebaiknya menuliskan nama belakang dari si penerima surat dan pastikan diakhiri dengan tanda comma.

Jika kita tidak mengetahui nama orang yang kita tuju atau HRD managernya, atau siapapun yang bertugas merekrut pegawai baru, kita cukup menuliskan salam seperti:

Dear Sir, (untuk laki-laki)
Dear madam, (untuk perempuan)
Jika kita juga bingung apakah orang yang menerima surat laki-laki atau perempuan kita dapat menuliskan:
Dear Sir or Madam,


Paragraph 1:

Paragraf ini harus berisi tentang informasi diri dan posisi yang dilamar.
Paragraf ini juga harus menuntun pada paragraf selanjutnya dengan menyebutkan qualifikasi yang dimiliki secara singkat atau kenapa kita tertarik terhadap posisi yang dilamar.


Paragraph 2:

Paragraf ke dua berisi tentang qualifikasi atau keterampilan yang dimiliki.
Kita juga dapat menyebutkan prestasi yang pernah diraih untuk menunjukan bahwa kita memang cocok untuk posisi yang dilamar.
Intinya adalah kita harus mempromosikan diri kita sebaik mungkin pada paragraf ke dua.


Paragraph 3:

Paragraf ke tiga berisi sebuah penutupan. Kita dapat menyampaikan bahwa kita memiliki qualifikasi yang sesuai untuk posisi yang dilamar.
Kita juga dapat menyertakan sebuah kontak sekaligus menunjukan bahwa kita mengharapkan sebuah panggilan interview.
Dan yang terakhir ucapkan terima kasih.

Pada bagian akhir paragraf tiga biasanya kita menuliskan kalimat penutup, kalimat penutup yang dapat kita gunakan seperti:

I look forward to your reply
Looking forward to your reply
I look forward to hearing from you at your earliest convenience
I look forward to hearing from you soon


Closing and Signature: Tuliskan salam penutup, tanda tangan serta nama lengkap pada bagian akhir surat lamaran pekerjaan.

Untuk salam penutup sendiri kita dapat menuliskan seperti contoh berikut:

Sincerely,
Yours sincerely,
Regards,
Best,
Yours faithfully,
Best regards,


Tips: Sebagai tips tambahan saat menulis surat lamaran pekerjaan (meskipun pada akhirnya jika kita akan benar-benar melamar pekerjaan, kita pasti mencari template yang sudah ada di Google 😅)
Tapi untuk informasi tambahan sebaiknya kita tidak menggunakan singkatan seperti:
Don't, I'm, Can't, Isn't, dsb.
Kita sebaiknya menulisnya dengan tidak disingkat seperti Do not, I am, Can not, Is not, dsb.
Dan yang paling penting pastikan kita menggunakan bahasa yang baik, sopan dan formal.

Perlu diingat bahwa, ada banyak versi atau format penulisan surat lamaran pekerjaan. Seperti ada yang menuliskan tanggal (date) ataupun tidak, ada yang menuliskan penerima surat di sebelah kiri dan ada pula yang menulis di sebelah kanan.

Kita tidak bisa mengatakan versi yang ini benar dan yang itu salah ataupun sebaliknya. Karena setiap orang yang memberikan teori tentang format penulisan surat lamaran mengklaim bahwa versi miliknya benar.

Daripada kita dipusingkan dengan hal-hal teknis seperti itu yang pada kenyataannya seiring perkembangan zaman format penulisan surat lamaran makin beragam dan makin unik, kita bisa cek sendiri banyak bertebaran di internet berbagai macam template surat lamaran pekerjaan dengan format yang berbeda-beda.
Jadi pointnya adalah kita hanya akan fokuskan pembahasan materi ini pada bagian-bagian utama dari sebuah surat lamaran pekerjaan tersebut seperti yang telah dijelaskan di bagian atas.

Selanjutnya, kita akan melihat beberapa contoh surat lamaran pekerjaan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bentuk surat lamaran pekerjaan atau application letter.


Contoh surat lamaran pekerjaan

Berikut beberapa contoh surat lamaran pekerjaan atau application letter yang telah mengikuti aturan penulisan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Contoh 1


-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -

John Smith
Newark, New Jersey | 862-888-2222 | J.Smith@gmail.com

Susan Johnson
Recruiting Manager
XYZ Accounting
10 Oak Drive
Newark NJ

Dear Mrs. Johnson,

I'm writing to you to express my interest in the Accounting position you have open on your company website with the job ID# 11220. I am a Certified Public Accountant (CPA) and am confident that my experience and skill set would be a great match for this position.

I have a strong knowledge of accounting principles backed by experience I have gained in the last 12 years. In my previous position, I managed the accounting of a financial consulting firm with over $30 million in revenue. I not only met expectations but exceeded them by increasing cash flow by $4 million. I helped achieve this by changing our accounts receivable policy and negotiating better contracts. There is more depth on my experience and skills in my resume which I would appreciate you looking over.

I am certain that my experience and skill set would make me a great candidate for this position as well as a great asset to your company.
Please give me a call at the number above to schedule an interview at your convenience. I appreciate your consideration and look forward to hearing from you.

Sincerely,


John Smith


-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -
source: https:// www.zipjob.com



Contoh 2


-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -

Elizabeth Johnson
12 Jones Steet
Portland, Maine 04101
555-555-5555
email@emailadress.com

January 14, 2019

Mark Smith
Human Resources Manager
Veggies to Go
238 Main Street
Portland, Maine 04101

Dear Mr. Smith,

I was so excited when my former coworker, Jay Lopez told me about your opening for an administrative assistant in your portland offices. A long-time Veggies to Go customer and an experienced admin, I would love to help the company achieve its mission of making healthy produce as available as takeout.

I've worked for small companies for my entire career, and I relish the opportunity to wear many hats and work with the team to succeed. In my latest role as an administrative assistant at Beauty Corp. I saved my employer thousands of dollars in tempt workers by implementing a self-scheduling system for the customer service reps that cut down on canceled shifts. I also learned web design, time sheet coding, and perfected my Excel skills.

I've attached my resume for your consideration and hope to speak with you soon about your needs for the role.


Best regards,


Doug Jones

-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -
source: https://www.thebalancecareers.com/


Itulah pembahasan tentang materi application letter, kita telah belajar fungsi dari application letter, bagian-bagian application letter dan contoh dari application letter itu sendiri.
Semoga materi ini memberikan manfaat untuk semuanya.

Jangan lewatkan soal latihan application letter dalam bentuk essay ataupun PG. Silahkan cek link pada bagian akhir artikel ini.


Terima kasih masih membaca artikel seputar Bahasa Inggris di www.dimensibahasainggris.com dan tidak memilih blog AGC atau blog para pencuri konten. Supaya ilmunya tetap berkah, tetap kunjungi dan dukung blog-blog dengan konten original bukan blog pencuri konten.
Ibarat berbelanja, belilah barang halal di toko atau penjual amanah, bukan di para penadah barang curian.

Admin tidak bermaksud pelit dalam berbagi ilmu, tapi mencopy paste tanpa izin, atau tanpa mencantumkan sumber rujukan kemudian memposting ulang artikel tersebut untuk tujuan komersil, itu sangat merugikan.
Sekian dan mohon maaf untuk intermezzo ini.


Artikel terkait:

Soal Application Letter (HOTS)

Business Letter: Penjelasan, Aturan Cara Menulis, Format dan Contoh Text 


Bonus:

Soal PG Application Letter (Free PDF)


Download Soal PG Personal Letter


Terima kasih telah berkunjung ke Dimensi Bahasa Inggris
tetap "Semangat menebar manfaat."

10 comments for "Materi Application Letter: Fungsi, Bagian-bagian dan Contohnya"

Unknown January 9, 2020 at 5:56 PM Delete Comment
GABISA DI COPAS YA ALLAH
DBI January 13, 2020 at 12:31 PM Delete Comment
Mohon maaf sebelumnya. :)
Terima kasih telah membaca artikel Bahasa Inggris di Dimensi Bahasa Inggris.
Unknown July 30, 2020 at 9:09 AM Delete Comment
terimakasih banyak atas ilmunya
Dimensi Bahasa Inggris August 2, 2020 at 6:52 PM Delete Comment
Sama-sama, semoga bermanfaat.
ana August 15, 2020 at 8:36 AM Delete Comment
izin co_past. terima kasih sebelumnya
Dimensi Bahasa Inggris August 17, 2020 at 9:34 AM Delete Comment
@ana: Copas diperbolehkan hanya untuk penggunaan pribadi bukan untuk di posting ulang. Mudah-mudahan link download file berisi materinya segera tersedia.
Unknown November 14, 2020 at 12:40 PM Delete Comment
Saya ijin copas.Saya ketik ulang wkwkw
Terimakasih
Dimensi Bahasa Inggris November 18, 2020 at 10:26 AM Delete Comment
mohon tidak memposting ulang
Unknown March 29, 2021 at 11:14 AM Delete Comment
Alfian Alwi
XII TP
NO ABSEN 4
SAYA SUDAH MEMAHAMI DAN MENYIMAK MATERI MISS BERIKAN
Dimensi Bahasa Inggris March 31, 2021 at 10:22 AM Delete Comment
Whoever you are, wherever you are, thank you for joining Dimensi Bahasa Inggris.